Wednesday, November 5, 2014

Memilih Kopi yang Aman Untuk Lambung

Memilih Kopi yang Aman Untuk Lambung - Apakah anda ingin meminum kopi atau hanya ingin sekedar mengikuti tren sambil nongkrong bersama dengan teman-teman? Sekarang banyak sekali kedai kopi yang bermunculan. Tetapi anda ingin meminum kopi yang bersahabat dengan juga anda? sekarang ada juga kopi instan dengan dengan banyak pilihan. 

Tetapi  anda juga harus berhati-hati bila anda memiliki penyakit lambung atau bisa dikenal dengan penyakit maag. Kafein yang terkandung di dalam kopi sendiri dapat memicu munculnya asam lambung yang menyebabkan rasa sakit di lambung. Baca juga artikel tentang mengobati sakit gigi yang berlubang.



Kopi aman untuk lambung

Menurut ahli kopi yakni Adi W. Taroepratjaeka, sebenarnya bila meminum kopi tidak selalu berdampak buruk pada lambung anda. pada dasarnya kopi itu mempunyai sifat yang asam. Pada kopi yang berjenis espresso pada umumnya mempunyai kadar keasaman sekitar 5 – 5, 5. Padahal jus jeruk mempunyai kadar pH 4 dan juga pada makanan rujak yang mempunyai kadar pH 3,5. Bila anda makan dengan kadar asam yang biasa, mengapa ini tidak berlaku pada kopi? Ini karena kadar asam kopi mempunyai pemicu yang cepat yang berakibat munculnya asam lambung secara berlebihan.

Sedangkan kopi yang berjenis arabika, kopi ini sebenarnya aman untuk lambung karena mempunyai kadar kafein yang rendah. Ada seseroang yang mempunyai penyakit maag, maag itu lambung setelah meminum kopi, terus seseroang tersebut selanjutnya meminum kopi yang berjenis arabika, dan ternyata itu aman , maagnya juga tidak kambuh lagi.

Kandungan kafein yang sangat tinggi pada kopi ini akan bisa mempunyai sifat racun. Lambung sendiri mempunyai batas – batas tertentu agar dapat mentolerir kafein dalam kadar tertentu.

Bila anda suka dengan minum kopi sebaiknya anda mengkonsumsi kopi setiap hari maksimal dua cangkir. Kadar kafein yang terdapat di dua cangkir tersebut setara dengan anda mengkonsumsi tiga shot espresso. Batas normal ini di nilai aman dan malah bisa menyehatkan asalkan jangan mengkonsumsi kopi secara berlebihan, justru itu semakin memperburuk kesehatan anda. Simak juga artikel tentang langkah-langkah pola hidup sehat.

Sekarang juga muncul tren kopi yakni kehadiran kopi putih atau biasa di sebut dengan “white coffe”. Dan banyak kopi putih instan juga dengan kita mudah menjumpainya. Meskipun kopi putih tersebut mempunyai kadar kafein yang rendah yang bisa di katakan aman bagi lambung, tetapi kopi putih itu mempunyai kadar gula yang tinggi. Inilah kelemahan dari kopi putih yang tidak cocok bagi mereka yang seadng berdiet. 

Meskipun kopi hitam yang mempunyai rasa yang manis yang terdiri dari bahan – bahan kopi yang lebih tinggi dibanding dengan jumlah gulanya. Ini sangat berbeda dengan kopi putih instan yang banyak beredar saat ini. Kopi putih tersebut mempunyai kadar gula dan juga krimer yang lebih tinggi dari kopinya sendiri.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Memilih Kopi yang Aman Untuk Lambung