Friday, November 7, 2014

Cara Jogging Yang Benar

Cara Jogging Yang Benar - Banyak sekali orang yang senang melakukan jogging. Jogging sendiri sekarang emnjadi tren gaya hidup yang ideal. Jogging sendiri itu adalah aktfitas berlari santai.

Ada sebuah dosen dari fakultas kedokteran Universitas Indonesia yakni Rachmad Wisnu Hidayat yang berpendapat jogging itu adalah aktifitas berlari secara santai dan sangat bagus untuk kesehatan jantung dan juga pembuluh darah. Dan juga jogging mempunyai manfaat yakni meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat.



Meski jogging sendiri kelihatan sangat sederhana, tetapi jogging itu sendiri mempunyai aturan – aturan supaya jogging itu sendiri mempunyai manfaat yang baik bagi tubuh kita. Berikut ini adalah cara jogging yang benar. Simak juga artikel tentang langkah-langkah pola hidup sehat.

Cara jogging yang benar


Wajah
Pada saat jogging pandangan harus lurus ke depan, tidak boleh menengok maupun menunduk.

Bahu
Keadaan bahu haruslah rileks dan jangan diangkat.

Jari – jari tangan
Pada saat jogging berlangsung jari – jari tangan haruslah menggenggam tapi santai, di tekuk dan tidak boleh lepas.

Lengan
Lengan haruslah mengayun yang harus mengikuti beriringan dengan gerak tungkai pada kaki ketika saat berlari dan juga ayunan haruslah sejajar dengan pinggang. Gerakan lengan ini berfungsi sebagai untuk menyeimbangkan tubuh agar tubuh tidak jatuh.

Badan dan juga punggung
Posisi ini haruslah tetap lurus dan tidak tegap.

Tungkai
Ketika kali menginjak tanah, bagian tumit haruslah mendarat dahulu dan kemudian tengah kaki dan di susul dengan ujung kaki. Telapak kaki tidak boleh mendarat secara bersamaan.

Jari – jari kaki
Jari kali haruslah menghadap kedepan, tidak boleh keluar maupun kedalam. Hal ini untuk mencegah terjadi cidera pada tumit, lutut dan pergelangan kaki.

Pernafasan
Pernafasan ini adalah sangat penting. Sebaiknya pernafasan ini diatur senyaman mungkin. Apabila ketika nafas mulai terasa berat anda harus mengurangi kecepatan lari anda. terus menggunakan langkah dua langkah tarik nafas dari hidung kemudian dua langkah membuang nafas melalui mulut. Memiliki pengaturan pernafasan saat jogging ini sangatlah penting untuk mencegah rasa nyeri pada bagian bawah iga. Simak juga artikel tentang jalan paling indah di dunia.

Pada saat jogging, yang mirip halnya seperti olahraga lari yakni terdapat fase melayang yaitu saat kedua kaki bersamaan tapi tidak menyentuh tanah. Dan apabila salah satu kaki menyentuh tanah dan satu kakinya masih pada posisi melayang, hal itu tubuh mengalami perubahan keseimbangan sehingga di kurangi dengan gerakan lengan supaya tubuh tetap seimbang dan tidak jatuh.

Perlengkapan

Pakaian
Pakaian yang harus dipilih haruslah berbahan spandex atau polister dan bukan dari katun. Kain spandex dan polister dipilih karena dapat menyerap keringat dan juga cepat mengering.

Sepatu
Gunakanlah sepatu khusus untuk berlari yang berbahan sol empuk dan lentur, terutama pada bagian sepertiga depan. Leher sepatu tidaklah menutupi mata kaki. Sol yang lunak dan lentur bermanfaat sebagai peredam benturan pada saat berlari.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Jogging Yang Benar