Sunday, March 1, 2015

Khasiat dan Manfaat Daun Binahong bagi Kesehatan

Manfaat Daun Binahong - Halo sahabat sehat update, pernahkah Anda mendengar tanaman binahong ? Ya, tanaman ini sepertinya masih asing terdengar di telinga kita karena admin pun demikian. Tanaman Binahong ternyata dapat digunakan sebagai tanaman multi fungsi loh. Maka dari itu , mari kita simak dulu tentan tanaman binahong.

Tanaman Binahong termasuk tanaman rambat, dengan ciri ciri : daun yang tebal dan bentuknya yang kecil – kecil, hampir semua bagian tanaman ini rupanya berkhasiat sebagai obat. Binahong yang memiliki nama latin Bassela rubra linn atau yang lebih dikenal dengan nama Deng san chi di Cina, adalah tanaman obat yang tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi. Tanaman ini sebenarnya sudah lama ada di Indonesia, tetapi baru akhir – akhir ini saja dimanfaatkan sebagai alternatif oleh sebagian orang untuk dijadikan obat alami.

Nah, tadi kami sebutkan bahwa tanaman ini memiliki banyak manfaat, apa saja itu ? Lebih baik mari kita simak manfaat daun binahong berikut ini.

manfaat daun binahong
daun binahong

Jatuh dan berdarah, bengkak, dan tergores
Daun binanong ditumbuk atau dilumatkan 3 lembar kemudian oleskan pada luka secara merata. Lakukan berulang kali apabila luka masih basah.

Menghilangkan berkas operasi
Ambil akar binahong yang batangnya merah sebanyak 15 gram, cuci bersih, rebus dengan 3 gelas air. Saring dan minum selagi hangat.

 Eksim, gatal-gatal, alergi
Ambil 7 lembar daun binahong, 3 siung umbi kunir putih, direbus dengan 3 gelas air. Lalu diminum

Influenza
Ambil 5 gram daun binahong, dicuci, direbus dengan 2 gelas air bersih , setelah dingin diminum.

Sebagai Obat Jerawat
Ambil 9 lembar daun binahong, rebus, sarig dan diminum setiap hari.

Menyuburkan kandungan
Ambil  bunga binahong 1 tangkai, direbus dengan 1 gelas air.

Pegal linu,encok, reumatik
Daun dan batang ditumbuk halus kemudian dioleskan pada bagian yang sakit.

Melancarkan haid
Minum rebusan 3 lembar daun binahong. Biarkan dingin, saring lalu diminum setiap hari

Demikianlah tips dan manfaat daun binahong untuk Anda, sebenarnya masih banyak lagi manfaatnya tapi hanya diatas yang dapat kami tuliskan karena kebanyakan remaja kuranglebih selalu bermasalah dengan penyakit diatas. Semoga bermanfaat

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Khasiat dan Manfaat Daun Binahong bagi Kesehatan