Sunday, February 22, 2015

Kiat Cara Sukses Wawancara / Interview Kerja

Kiat Cara Sukses Wawancara / Interview Kerja - Untuk bisa bekerja di suatu instansi atau lembaga yang kita inginkan tentunya membutuhkan suatu proses yang sangat membutuhkan perjuangan mulai dari membuat surat lamaran kerja dan lain sebagainya. Jika anda sudah sukses dalam membuat surat pekerjaan, dan anda telah dipanggil untuk mengikuti sesi wawancara maka perjuangan anda masih ditantang.

Tahap wawancara adalah masa yang sangat ditunggu-tunggu rasa senang bercampur dengan deg-deg an adalah hal yang lumrah dirasakan. Akan tetapi, meskipun begitu sesi wawancara adalah sesi yang menjadi momok bagi sebagian orang. Mengapa demikian ? karena banyak sekali para pencari kerja yang jatuh dalam sesi ini. Apa alasannya ? Gugup menjadi faktor utama mengapa banyak orang gagal dalam sesi wawancara.

Buat kamu para pencari kerja yang sudah sampai pada tahap wawancara, maka kamu membutuhkan banyak sekali informasi atau masukan untuk sukses interview kerja. Berbicaralah atau berkonsultasi dengan orang-orang yang sudah berpengalaman dibidang ini. Atau kamu bisa membaca tips sukses wawancara kerja berikut ini.

1. Cari Tahu 
Dianjurkan bagi kamu pencari kerja untuk mencari tahu informasi tentang perusahaan yang kamu lamar. Sangat buruk jika kita tidak tahu latar belakang dan seluk beluk perusahaan. Menjadi masalah jika saat wawancara pihak perusahaan menanyakan hal ini kepada kita. Jadi carilah informasi tentang perusahaan sebagai bekal sebelum maju wawancara kerja.

2. Tetap Percaya Diri
Jangan membayangkan wawancara kerjamu menjadi suatu hal yang negatif dan menakutkan, tetaplah rileks. Ceritakanlah tentang dirimu dengan baik, dan jangan gugup. Percaya diri merupakan salah satu hal yang dilihat pihak pewawancara.

Bersikap pede menjadi nilai plus bagi kamu, namun jangan sampai over pede. Pede berlebihan justru menjadi bumerang bagi kamu. tunjukkan sikap pedemu dalam batas yang wajar. Jadi jangan minder ataupun over pede, namun percaya dirilah dengan wajar. Sharinglah pengalaman hidupmu namun jangan berlebihan.

3. Be Honest
Kejujuran adalah salah satu hal yang dilihat saat wawancara. Kejujuran sangat dihargai oleh sebuah perusahaan. Jujurlah dalam menjawab pertanyaan yang diajukan. Kamu bisa sharing pengalaman hidupmu, namun tidak semua hal harus kamu ceritakan. Jawab sesuai apa yang ditanyakan dengan jujur.

4. Tepat Waktu
Masalah waktu kehadiran sangatlah penting, jangan sampai terlambat. Sangat tidak etis jika kita terlambat dari janjian yang ditetapkan. Bahkan dianjurkan kamu datang lebih awal dari waktu yang ditentukan. Datang lebih awal memberi waktu bagi kamu untuk menjernihkan pikiran dan menyiapkan diri.

Perasaan yang tenang sangat membantumu lebih fokus dalam menjalani sesi wawancara kerja.

5. Sikap Antusias
Tunjukkan sikap ketertarikan dan keinginan besar untuk bergabung dengan perusahaan. Ketertarikanmu dapat dilihat dari gestur tubuh yang kamu tunjukkan. Duduklah tegap dan jangan menyandar, tatap mata pewawancaramu dan tetap fokus.

Mata yang berbinar dari pelamar kerja menunjukkan semangat yang ada dalam diri pelamar kerja. Perusahaan menginginkan seorang yang siap untuk pekerjaan yang ditawarkan, dan mau mengembangkan diri.

tips sukses wawancara kerja


6. Tampil Fresh, Bersih dan Wangi
Jangan tampil lusuh dan loyo, tapi tampillah segar. Penampilan yang segar dan bersih membuat lawan bicara menjadi senang. Untuk tampil fresh, dianjurkan bagimu untuk mandi dan membersihkan diri sebelum pergi untuk wawancara.

7. Pakaian Rapi dan Make Up
Berpakaianlah yang rapi dan sopan sesuai dengan citra perusahaan. Pakailah kemeja yang rapi, dan jangan memakai jeans. Untuk bawahan kamu bisa menggunakan rok, celana atau stocking. Pakailah sepatu high heel yang tidak terlalu tinggi, dan jangan memakai sepatu flat. Untuk make up janganlah berlebihan, gunakan make up yang tidak terlalu tebal dan sesuai dg warna kulit.

8. Jangan berbicara terlalu banyak
Sangat mudah untuk jatuh ke dalam perangkap berbicara terlalu banyak selama wawancara. Kadang-kadang pertanyaan hanya membutuhkan respon singkat. Jika respon lagi diperlukan, Anda bisa menyusun jawaban Anda dengan menunjukkan, misalnya, bahwa ada tiga hal yang perlu diperhatikan. Membantu orang lain untuk mengikuti yang Anda katakan dengan menggunakan beberapa kalimat seperti 'terlebih dahulu ..', 'kedua ...' dan 'akhirnya ...'. Dengarkan dengan cermat hal yang dikatakan pewawancara dan pastikan Anda faham pertanyaannya sebelum menjawab.

9. Usahakan tetap tenang
Pikirkan cara Anda menanggapi pertanyaan yang Anda tidak ketahui jawabannya. Minta penjelasan lebih maksud pertanyaannya dan berusahalah untuk tetap tenang. Jika Anda tiba-tiba membeku, ambil napas dalam-dalam sebelum menjawab.

10. Kesan Akhir
Jangan menjadi pasif, terutama jika pewawancara menawarkanmu untuk bertanya. Manfaatkan kesempatan itu untuk bertanya lebih detail tentang deskripsi kerja, goal perusahaan di tahun mendatang. Jangan mendesak menanyakan soal gaji, biasanya pihak perusahaan yang akan mengambil inisiatif memberitahu perihal info gaji.
Semoga tips diatas sedikit banyak membantu kamu, namun segala sesuatunya berada ditangan anda. Semoga sukses !

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kiat Cara Sukses Wawancara / Interview Kerja